CONTOH KARYA TULIS ILMIAH MOTIVASI BELAJAR

Laporan Karya Tulis Ilmiah
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia


Oleh

Ardi Muhammad Arifin
NIS 131407028
 







KELAS IXA
SMP NEGERI 1 CISAAT
2016
LEMBAR PENGESAHAN

Disetujui oleh


  Kepala Perpustakaan                                                       Guru Pembimbing



         Aan Hasanah                                                    Ratna Muda Nigrum, M.Pd. NIP 196106021981032001                                       NIP 197407162000032004


Diketahui dan Disahkan oleh :


                                                  Kepala Sekolah                                                      


      Dadah Hidayat S.Pd, M.M                                               
      NIP 195704191980031006                                                 
i
ABSTRAK
Arifin, Ardi Muhammad. 2016. Karya ilmiah ini berjudul “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT”. Laporan karya ilmiah. Penelitian siswa kelas A SMP Negeri 1 Cisaat kabupaten sukabumi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya siswa malas dalam belajar sehingga dapat ketergantungan hingga dewasa nanti. Tujuan karya ilmiah ini adalah : (1), Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui usur yang memengaruhi motivasi belajar, (3) Mengetahui upaya meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Cisaat. Teknik yang digunakandalam karya tulis ilmiah ini adalah studi pusaka dan penyebaran angket .












ii
KATA PENGANTAR
            Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya penulis diberi kesempatan untuk menyelesaikan Tugas Karya Tulis Ilmiah Bahasa Indonesia ini. Tak lupa juga penulis mengucapkan terima kasih kepada Guru Bahasa Indonesia yaitu Ibu Ratna Mudaningrum M.Pd yang telah membimbing penulis agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah ini.
            Karya ilmiah ini disusun agar dapat memperluas ilmu tentang “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT “, yang penulis sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun dengan berbagai rintangan, baik dari diri sendiri maupun dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan pertolongan dari Allah SWT akhirnya karya tulis ilmiah ini dapat penulis selesaikan.
            Semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian khususnya bagi penulis sendiri dan semua orang yang membaca karya tulis ini. Mudah-mudahan juga dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Kami yakin karya tulis ilmiah ini memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi kami mohon bantuannya untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.


Cisaat, Maret 2016


Penulis,

iii

DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................      i
ABSTRAK .......................................................................................................     ii
KATA PENGANTAR .....................................................................................    iii
DAFTAR ISI ....................................................................................................    V
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................    1
1.1  Latar Belakang ........................................................................................    1
1.2  Rumusan Masalah ...................................................................................    1
1.3  Tujuan Penelitian ....................................................................................    1
1.4  Manfaat Penelitian ..................................................................................    1
BAB II LANDASAN TEORI ............................................................................   2
2.1   Pengertian  Motivasi  Belajar .................................................................    2
2.2   Fungsi Motivasi Belajar ……………………………………………….    2
BAB III METODE PENELITIAN ....................................................................  3
3.1  Lokasi Penelitian ....................................................................................     3
3.2  Waktu Penelitian ....................................................................................     3
3.3  Subjek Penelitian ....................................................................................    3
3.4  Teknik Peneitian .....................................................................................    3
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ................................    4
4.1  Hasil Penelitian .......................................................................................    4
4.2  Pembahasan .............................................................................................   4
4.2.1 Pentingnya Motivasi Dalam Belajar ……………………………..    4
4.2.2 Unsur Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar …………………..     4
4.2.3 Upaya Untuk Meningakatan Motivasi Belajar …………………..     5

iv
BAB V PENUTUP .............................................................................................    6
5.1  Simpulan ..................................................................................................   6
5.2  Saran .......................................................................................................    6
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................   7
TENTANG PENULIS ..................................................................................   8
LAMPIRAN















v
BAB I
 PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Dewasa ini, sudah tak dapat dielakkan lagi bahwa minat untuk belajar seseorang akan mudah sekali naik turun. Agar minat untuk belajar ini senantiasa tetap naik dalam waktu ke waktu, maka setiap siswa harus memiliki keinginan untuk tetap terus belajar.
Maksud dari motivasi belajar disini adalah keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai. Berdasarkan pengertian motivasi tersebut, sudah sangat jelas bahwa motivasi dalam proses belajar sangat penting. Karena yang dibicarakan adalah proses belajar, maka manfaat motivasi tidak hanya dirasakan oleh siswa, namun juga oleh seorang Guru.
 Melalui pengetahuan tentang motivasi, seorang Guru dapat mengetahui dan memahami motivasi belajar siswa di kelas, bahkan dapat juga membantu sisiwa untuk meningkatkan motivasinya. Mengingat banyaknya manfaat pengetahuan akan motivasi, maka pembahasan mengenai motivasi belajar dirasa perlu untuk diangkat.
1.2              Rumusan Masalah
1.       Apa yang dimaksud dengan  motivasi belajar?
2.       Apa unsur yang mempengaruhi motivasi belajar?
3.       Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar?

1.3              Tujuan
1.      Mengetahui pengertian dari motivasi belajar.
2.      Mengetahui unsur yang mempengaruhi motivasi belajar.
3.      Mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajar.

1.4              Manfaat
1.      Mengerti  pengertian dari motivasi belajar.
2.      Mengerti unsur yang  mempengaruhi motivasi belajar.
3.      Mengerti upaya meningkatkan motivasi belajar
1
BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 PENGERTIAN MOTIVASI
motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Pendapat tersebut menunjukkan dalam pengertian motivasi terdapat tiga elemen penting, yaitu motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu, motivasi ditandai dengan munculnya feeling, afeksi seseorang, motivasi akan dirangasang karena adanya tujuan.  http://bungarohmadhania003.blogspot.co.id/2013/02/8-penyebab-siswa-malas-belajar-dan-cara.html
 Dalam kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai. Siswa belajar karena didorong oleh kekuatan mentalnya.Kekuatan mental itu berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita.Kekuatan mental tersebut dapat tergolong rendah atau tinggi.Ada ahli psikologi pendidikan yang menyebut kekuatan mental yang mendorongterjadinya belajar tersebut sebagai motivasi belajar.Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar.Dalam motivasi terkandung adanya pengarahan sikap dan perilaku belajar individu.
2.2 FUNGSI MOTIVASI BELAJAR
Fungsi Motivasi Dalam Belajar Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil belajar yang baik. Dengan kata lain, bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar akan dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Bagi siswa, pentingnya motivasi belajar adalah sebagai berikut:
1.       Menyadarkan kedudukan siswa pada awal, proses dan hasil akhir.
2.      Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar.
3.      Mengarahkan kegiatan belajar.
4.      Memperbesar semangat belajar.
2

` BAB III
METODE PENELITIAN

1.1  Lokasi Penelitian
               Lokasi penelitian untuk melaksanakan penelitian ini di SMP Negeri 1 Cisaat.
1.2  Waktu penelitian
          Waktu penelitian karya tulis ilmiah ini berlangsung  bulan februari 2016 hingga maret 2016.         
1.3  Subjek Penelitian
          Subjek yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini adalah upaya meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
1.4  Teknik Penelitian
          Teknik yang digunakan penulis dalam melaksanakan penelitian ini adalah studi pustaka dan penyebaran angket.
















3
BAB IV
 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
Beberapa penyebab siswa malas dalam belajar dan enggan termotivasi, diantaranya :
Ø  Terlalu mengandalkan teman
Ø  Pengaruh HP
Ø  Program televise
Ø  Kurang suka mata pelajaran tertentu
Ø  Kurang Peran orang tua
Ø  Pergaulan bebas
Ø  Terlalu banyak bermain
4.2 Pengertian Motivasi
Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Pendapat tersebut menunjukkan dalam pengertian motivasi terdapat tiga elemen penting, yaitu motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu, motivasi ditandai dengan munculnya feeling, afeksi seseorang, motivasi akan dirangasang karena adanya tujuan.  https://www.nitips.com/solusi-jitu-mengatasi-anak-yang-malas-belajar/
4.2.1 Pentingnya Motivasi Dalam Belajar
1.      Menyadarkan kedudukan siswa pada awal, proses dan hasil akhir.
2.      Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar.
3.      Mengarahkan kegiatan belajar.
4.      Memperbesar semangat belajar.

4.2.2    Unsur Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar  
Unsur Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Motivasi belajar merupakan segi kejiwaan yang mengalami perkembangan sesuai dengan kondisi fisiologis, dan kematangan psikologis. Salah satunya ialah Cita-cita atau Aspirasi Motivasi belajar tampak pada keinginan keberhasilan mencapai keinginan tersebut menumbuhkan cita-cita dalam kehidupan.Timbulnya cita-cita diikuti oleh perkembangan akal, moral, kemauan, bahasa, dan nilai-nilai kehidupan.Timbulnya cita-cita juga diiktuti oleh perkembangan kepribadian.
4

4.2.3    Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
          Upaya pembelajaran terkait dengan beberapa prinsip belajar. Beberapa prinsip belajar tersebut antara lain sebagai berikut:
Ø  Gunakan metode dan kegiatan yang beragam
Ø  Jadikan siswa peran aktif
Ø  Buatlah tugas yang menantang namun realistis dan sesuai
Ø  Ciptakan suasana kelas yang kondusif
Ø  Berian tugas secara proporsional
Ø  Hindari kompetisi antar pribadi
Ø  Hargai kesuksesan dan keteladanan
Ø  Antusias dalam belajar
Ø  Hindari penggunaan ancaman
Ø  Hindari komentar buruk
Ø  Buat target untuk kedepannya
Ø  Mengatur sebaik mungkin antara belajar, bermain dan beristirahat.

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/11/tips-memotivasi-siswa-untuk-belajar/











5
BAB V
PENUTUP
4.1Simpulan
Motivasi belajar dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar dan memberikanarah kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai.Dalam motivasi terkandung adanya pengarahan sikap dan perilaku belajari individu. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil belajar yang baik. Dengan kata lain, bahwa dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar akan dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Motivasi belajar merupakan segi kejiwaan yang mengalami perkembangan sesuai dengan kondisi fisiologis, dan kematangan psikologis. Oleh karena itu ada beberapa unsur yang mempengaruhi motivasi belajar, yaitu: cita-cita atau aspirasi, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, dan upaya Guru dalam membelajarkan siswa.
4.2Saran
             Saran yang  ingin diberikan penulis kepada pembaca adalah kita dapat menggapai cita-cita setinggi apapun asalkan kia terus belajar dengan sungguh-sungguh dan putus asa, namun semua itu dapat tercapai dengan kita mempunyai motivasi belajar yang kuat.












6
DAFTAR PUSTAKA

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/11/tips-memotivasi-siswa-untuk-belajar/




















7

BIODATA PENULIS










Nama lengkapnya Ardi Muhammad Arifin (20 April 2001), beralamat di Kp.Cipetir 08/03, Kec.Kadudampit, Kab.Sukabumi. Dia anak pertama dari dari pasangan bapak Daden Arifin dan ibu Enah Nisna Adita. Ia mempunyai hobi dalam bidang musik dan bidang olahraga. Ia juga suka dengan alam dan suka akan petualangan. Ia juga pernah bersekolah di SD Negeri 2 Cisande dan dilanjutkan ke SMP Negeri 1 Cisaat. Rencananya dia akan melanjutkan ke SMK Negeri 1 Sukabumi.Dia terkenal disekolahnya sebagai siswa yang baik dan pernah menjabat sebagai pratama. Dia juga mempunyai 5 sahabat sejatinya ialah Tegar, Ramdhani, Hilal, Faisal, dan Naufal. Dia bercita-cita ingin menjadi Arsitek dan dapay membahagiakan orang tuanya.





8

LAMPIRAN


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Translate

Wikipedia

Hasil penelusuran