Laporan
Karya Tulis Ilmiah
UPAYA
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas Bahasa Indonesia
Oleh
Ardi
Muhammad Arifin
NIS
131407028
KELAS
IXA
SMP
NEGERI 1 CISAAT
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
Disetujui
oleh
Kepala
Perpustakaan Guru
Pembimbing
Aan
Hasanah Ratna
Muda Nigrum, M.Pd. NIP 196106021981032001
NIP 197407162000032004
Diketahui
dan Disahkan oleh :
Kepala Sekolah
Dadah
Hidayat S.Pd, M.M
NIP
195704191980031006
i
ABSTRAK
Arifin, Ardi Muhammad.
2016. Karya ilmiah ini berjudul “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
SMP NEGERI 1 CISAAT”. Laporan karya ilmiah. Penelitian siswa kelas A SMP
Negeri 1 Cisaat kabupaten sukabumi.
Penelitian ini dilatar
belakangi oleh semakin banyaknya siswa malas dalam belajar sehingga dapat
ketergantungan hingga dewasa nanti. Tujuan karya ilmiah ini adalah : (1), Untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui usur yang memengaruhi motivasi belajar, (3) Mengetahui upaya meningkatkan motivasi siswa
dalam belajar. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Cisaat. Teknik yang
digunakandalam karya tulis ilmiah ini adalah studi pusaka dan penyebaran angket
.
ii
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan
karunia-Nya penulis diberi kesempatan untuk menyelesaikan Tugas Karya Tulis Ilmiah
Bahasa Indonesia ini. Tak lupa juga penulis mengucapkan terima kasih kepada Guru
Bahasa Indonesia yaitu Ibu Ratna Mudaningrum M.Pd yang telah membimbing penulis
agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah ini.
Karya
ilmiah ini disusun agar dapat memperluas ilmu tentang “UPAYA MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 CISAAT “, yang penulis sajikan
berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun dengan
berbagai rintangan, baik dari diri sendiri maupun dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan pertolongan dari Allah SWT akhirnya karya tulis ilmiah ini dapat penulis
selesaikan.
Semoga
karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian khususnya bagi
penulis sendiri dan semua orang yang membaca karya tulis ini. Mudah-mudahan
juga dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Kami yakin karya
tulis ilmiah ini memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi kami mohon bantuannya
untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
Cisaat,
Maret 2016
Penulis,
iii
DAFTAR
ISI
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................ i
ABSTRAK ....................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ..................................................................................... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................... V
BAB I PENDAHULUAN
................................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang ........................................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah
................................................................................... 1
1.3 Tujuan
Penelitian .................................................................................... 1
1.4 Manfaat
Penelitian
.................................................................................. 1
BAB II LANDASAN TEORI
............................................................................ 2
2.1 Pengertian Motivasi
Belajar ................................................................. 2
2.2 Fungsi
Motivasi Belajar ………………………………………………. 2
BAB III METODE PENELITIAN
.................................................................... 3
3.1 Lokasi
Penelitian
.................................................................................... 3
3.2 Waktu
Penelitian
.................................................................................... 3
3.3 Subjek
Penelitian .................................................................................... 3
3.4 Teknik
Peneitian
..................................................................................... 3
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
................................ 4
4.1 Hasil
Penelitian
....................................................................................... 4
4.2 Pembahasan
............................................................................................. 4
4.2.1 Pentingnya Motivasi Dalam Belajar …………………………….. 4
4.2.2 Unsur
Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar …………………..
4
4.2.3 Upaya Untuk Meningakatan Motivasi
Belajar ………………….. 5
iv
BAB V PENUTUP
............................................................................................. 6
5.1 Simpulan
.................................................................................................. 6
5.2 Saran
....................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA
................................................................................... 7
TENTANG PENULIS
.................................................................................. 8
LAMPIRAN
v
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dewasa
ini, sudah tak dapat dielakkan lagi bahwa minat untuk belajar seseorang akan
mudah sekali naik turun. Agar minat untuk belajar ini senantiasa tetap naik
dalam waktu ke waktu, maka setiap siswa harus memiliki keinginan untuk tetap
terus belajar.
Maksud
dari motivasi belajar disini adalah keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan
kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar dan memberikan arah
kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai. Berdasarkan pengertian
motivasi tersebut, sudah sangat jelas bahwa motivasi dalam proses belajar
sangat penting. Karena yang dibicarakan adalah proses belajar, maka manfaat
motivasi tidak hanya dirasakan oleh siswa, namun juga oleh seorang Guru.
Melalui pengetahuan tentang motivasi, seorang
Guru dapat mengetahui dan memahami motivasi belajar siswa di kelas, bahkan
dapat juga membantu sisiwa untuk meningkatkan motivasinya. Mengingat banyaknya manfaat pengetahuan akan
motivasi, maka pembahasan mengenai motivasi belajar dirasa perlu untuk
diangkat.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan motivasi belajar?
2. Apa unsur yang mempengaruhi motivasi belajar?
3. Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar?
1.3
Tujuan
1. Mengetahui pengertian
dari motivasi belajar.
2. Mengetahui unsur yang
mempengaruhi motivasi belajar.
3. Mengetahui upaya
meningkatkan motivasi belajar.
1.4
Manfaat
1.
Mengerti pengertian dari motivasi belajar.
2.
Mengerti unsur yang
mempengaruhi motivasi belajar.
3.
Mengerti upaya meningkatkan
motivasi belajar
1
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 PENGERTIAN
MOTIVASI
motivasi adalah
perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling”
dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Pendapat tersebut
menunjukkan dalam pengertian motivasi terdapat tiga elemen penting, yaitu
motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu,
motivasi ditandai dengan munculnya feeling, afeksi seseorang, motivasi akan
dirangasang karena adanya tujuan. http://bungarohmadhania003.blogspot.co.id/2013/02/8-penyebab-siswa-malas-belajar-dan-cara.html
Dalam kegiatan belajar motivasi dapat
dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar,
yang menjamin kelangsungan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar,
sehingga tujuan dapat tercapai. Siswa belajar karena didorong oleh kekuatan
mentalnya.Kekuatan mental itu berupa keinginan, perhatian, kemauan, atau
cita-cita.Kekuatan mental tersebut dapat tergolong rendah atau tinggi.Ada ahli
psikologi pendidikan yang menyebut kekuatan mental yang mendorongterjadinya
belajar tersebut sebagai motivasi belajar.Motivasi dipandang sebagai dorongan
mental yang menggerakan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku
belajar.Dalam motivasi terkandung adanya pengarahan sikap dan perilaku belajar
individu.
2.2 FUNGSI MOTIVASI BELAJAR
Fungsi
Motivasi Dalam Belajar Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan
pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan
hasil belajar yang baik. Dengan kata lain, bahwa dengan adanya usaha yang tekun
dan terutama didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar akan dapat
mencapai prestasi belajar yang baik. Bagi siswa, pentingnya motivasi belajar
adalah sebagai berikut:
1. Menyadarkan kedudukan siswa pada awal, proses
dan hasil akhir.
2. Menginformasikan tentang
kekuatan usaha belajar.
3. Mengarahkan kegiatan
belajar.
4. Memperbesar semangat
belajar.
2
` BAB III
METODE PENELITIAN
1.1 Lokasi
Penelitian
Lokasi penelitian untuk melaksanakan penelitian ini di
SMP Negeri 1 Cisaat.
1.2 Waktu
penelitian
Waktu penelitian karya tulis ilmiah ini
berlangsung bulan februari 2016 hingga
maret 2016.
1.3 Subjek
Penelitian
Subjek yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini
adalah upaya meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
1.4 Teknik
Penelitian
Teknik yang digunakan penulis dalam melaksanakan
penelitian ini adalah studi pustaka dan penyebaran angket.
3
BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
Beberapa penyebab siswa malas dalam belajar dan enggan
termotivasi, diantaranya :
Ø Terlalu mengandalkan teman
Ø Pengaruh HP
Ø Program televise
Ø Kurang suka mata pelajaran tertentu
Ø Kurang Peran orang tua
Ø Pergaulan bebas
Ø Terlalu
banyak bermain
4.2
Pengertian Motivasi
Motivasi adalah perubahan energi dalam diri
seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan
tanggapan terhadap adanya tujuan. Pendapat tersebut menunjukkan dalam
pengertian motivasi terdapat tiga elemen penting, yaitu motivasi mengawali
terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu, motivasi ditandai dengan
munculnya feeling, afeksi seseorang, motivasi akan dirangasang karena adanya
tujuan. https://www.nitips.com/solusi-jitu-mengatasi-anak-yang-malas-belajar/
4.2.1 Pentingnya Motivasi Dalam Belajar
1. Menyadarkan kedudukan
siswa pada awal, proses dan hasil akhir.
2. Menginformasikan tentang
kekuatan usaha belajar.
3. Mengarahkan kegiatan
belajar.
4. Memperbesar semangat
belajar.
4.2.2 Unsur Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
Unsur
Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Motivasi belajar merupakan segi kejiwaan
yang mengalami perkembangan sesuai dengan kondisi fisiologis, dan kematangan
psikologis. Salah
satunya ialah Cita-cita atau Aspirasi
Motivasi belajar tampak pada keinginan keberhasilan mencapai keinginan tersebut
menumbuhkan cita-cita dalam kehidupan.Timbulnya cita-cita diikuti oleh
perkembangan akal, moral, kemauan, bahasa, dan nilai-nilai kehidupan.Timbulnya
cita-cita juga diiktuti oleh perkembangan kepribadian.
4
4.2.3 Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
Upaya pembelajaran
terkait dengan beberapa prinsip belajar. Beberapa prinsip belajar tersebut
antara lain sebagai berikut:
Ø Gunakan metode dan kegiatan
yang beragam
Ø Jadikan siswa peran
aktif
Ø Buatlah tugas yang
menantang namun realistis dan sesuai
Ø Ciptakan suasana kelas
yang kondusif
Ø Berian tugas secara
proporsional
Ø Hindari kompetisi antar
pribadi
Ø Hargai kesuksesan dan
keteladanan
Ø Antusias dalam belajar
Ø Hindari penggunaan
ancaman
Ø Hindari komentar buruk
Ø Buat target untuk
kedepannya
Ø Mengatur sebaik mungkin
antara belajar, bermain dan beristirahat.
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/11/tips-memotivasi-siswa-untuk-belajar/
5
BAB V
PENUTUP
4.1Simpulan
Motivasi
belajar dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan
kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar dan memberikanarah
kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai.Dalam motivasi terkandung adanya
pengarahan sikap dan perilaku belajari individu. Motivasi dapat berfungsi
sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik
dalam belajar akan menunjukkan hasil belajar yang baik. Dengan kata lain, bahwa
dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka
seseorang yang belajar akan dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Motivasi
belajar merupakan segi kejiwaan yang mengalami perkembangan sesuai dengan
kondisi fisiologis, dan kematangan psikologis. Oleh karena itu ada beberapa
unsur yang mempengaruhi motivasi belajar, yaitu: cita-cita atau aspirasi,
kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis
dalam belajar dan pembelajaran, dan upaya Guru dalam membelajarkan siswa.
4.2Saran
Saran yang ingin diberikan penulis kepada pembaca adalah
kita dapat menggapai cita-cita setinggi apapun asalkan kia terus belajar dengan
sungguh-sungguh dan putus asa, namun semua itu dapat tercapai dengan kita
mempunyai motivasi belajar yang kuat.
6
DAFTAR
PUSTAKA
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/11/tips-memotivasi-siswa-untuk-belajar/
7
Nama lengkapnya Ardi Muhammad Arifin (20 April 2001), beralamat di
Kp.Cipetir 08/03, Kec.Kadudampit, Kab.Sukabumi. Dia anak pertama dari dari
pasangan bapak Daden Arifin dan ibu Enah Nisna Adita. Ia mempunyai hobi dalam
bidang musik dan bidang olahraga. Ia juga suka dengan alam dan suka akan
petualangan. Ia juga pernah bersekolah di SD Negeri 2 Cisande dan dilanjutkan
ke SMP Negeri 1 Cisaat. Rencananya dia akan melanjutkan ke SMK Negeri 1
Sukabumi.Dia terkenal disekolahnya sebagai siswa yang baik dan pernah menjabat
sebagai pratama. Dia juga mempunyai 5 sahabat sejatinya ialah Tegar, Ramdhani,
Hilal, Faisal, dan Naufal. Dia bercita-cita ingin menjadi Arsitek dan dapay
membahagiakan orang tuanya.
8
LAMPIRAN